NAMA NAMA ALAT MUSIK GAMELAN

Nama-nama Alat Musik Gamelan

Dalam gamelan jawa sebenarnya terdiri kumpulan dari beberapa alat musik yang dimainkan secara bersamaan dengan menghasilkan suara atau irama yang bagus. Komposisi dari musik gamelan ini diciptakan dengan beberapa aturan yang terdiri dari beberapa utaran, pathet dan dibatasi oleh satu gongan serta melodinya. Ada beberapa alat musik yang terdapat dalam gamelan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Kendang

jenis alat musik gamelan

Fungsi kendang dalam suatu lagu yang dimainkan memiliki peran yang penting, yaitu sebagai pengatur tempo dan irama disetiap gendhing, baik tempo pokok maupun irama cepat ataupun lambat dengan tangkap, yang mana diatur dengan bunyi kendang termasuk didalamnya untuk mengawali dan mengakhiri gendhing.

Selain itu ada juga fungsi dari kendang ini, diantaranya sebagai berikut:
  • Anggeran Wiletan yaitu sebagai penjaga irama agar bisa terdengar bagus.
  • Anceran Wiletan yakni pemberi irama yang baik pada awal maupun tengah lagu yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Amardawalagu adalah sebagai melodi pada setiap lagu.
  • Angkruh lagu yaitu sebagai kerangka dalam suatu lagu.
  • Adumanis lagu yakni untuk pendukung ritmis pada wadrita-wadrita lain dan biasanya sinden yang memberi variasi.

Alat Musik Gong

alat musik gong


Alat ini memiliki fungsi untuk memberi tanda berakhirnya sebuah gatra dan juga untuk memberi tanda dimulainya serta berakhirnya gendhing. Selain itu berikut fungsi gong di berbagai daerah di Indonesia, seperti:
  • Di Jawa alat musik yang satu ini juga pernah dimainkan saat kematian seseorang dari keluarga kerajaan, akan tetapi anggota kerajaan tidak diperboleh memainkannya.
  • Di daerah Bali biasanya alat musik ini dimainkan pada suatu acara yang berkaitan dengan ritual keagamaan.
  • Untuk di daerah Minakngkabau, gong digunakan pada pesta pernikahan atau selamatan.
  • DI Jawa Barat digunakan pada acara sekuler membawa acara keningratan dan juga tidak dimiliki oleh semua orang
  • Sedangkan di daerah Kalimantan, Sulawesi dan NTT, alat musik gong ini dimainkan pada acara pengobatan, kematian, dan pernikahan namun tidak dimiliki oleh banyak orang.

Alat Musik Saron

contoh alat musik gamelan
Contoh Saron Demung
Menurut ukuran dan fungsinya, alat musik yang satu ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:
  • Demung Saron, alat ini memiliki ukuran yang besar dan berokaf tengah. Pada umumnya dalam satu perangkat gamelan biasanya terdapat satu atau dua demung. Akan tetapi ada juga gamelan di keraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
  • Saron Barung, memiliki ukuran yang sedang dan berokaf tinggi. Sama halnya dengan demung saron, pada satu paket gamelan biasanya terdapat satu atau dua saron barung saja. Suatu paket gamelan juga mempunyai saron wayangan yang berbilah sembilan. Sebagaimana namanya yang menunjukan bahwa saron ini dimainkan untuk mengiringi pertunjukan wayang saja.
  • Saron Penerus (Peking), jenis saron ini memiliki ukuran yang paling kecil akan tetapi berokaf paling tinggi. Saron penerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan. Lagu pada peking juga berusaha menguraikan lagu balungan dalam konteks lagu gendhing.

Alat Musik Kenong

jenis alat musik gamelan
Gambar Alat Musik Kenong
Ternyata kenong ini memiliki fungsi sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama. Selain itu kenong juga termasuk dalam alat musik berpacu, akan tetapi alat musik ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan bonang.

Gambang

nama nama alat musik gamelan
Alat Musik Gambang pada Gamelan
Gambang merupakan alat musik instrumen pada gamelan yang dimainkan paling cepat dalam sebuah lagu. Alat musik ini dibuat dari bilah-bilah kayu dan dibingkai pada gerobogan yang berfungisi sebagai resonator. Selain itu juga dapat memainkan dengan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan 2 nada yang dipisahkan oleh 2 bilah ataupun  permainan 2 nada dipisahkan oleh 6 bilah dan pola lagu dengan ritme-ritme sinkopasi seperti pada gendhing Janturan atau Suluk.

Komentar