CARA MEMAINKAN ALAT MUSIK GONG

Alat Musik Gong

Tapi apakah sebenarnya gong merupakan sebuah alat musik? ataukah hanya berupa pelengkap sebuah instrumen saja?. Ternyata, sebelum menjadi alat musik tradisional Indonesia, gong merupakan alat barter dari negara lain.
cara memainkan alat musik gong
Gambar alat musik tradisional Gong
Ditambah lagi dengan bukti gendang perunggu yang ada di kepulauan Indonesia. Pembuatan gendang perunggu di Indonesia ini pernah digunakan sebagai perangkat upacara atau mahar, dan akhirnya juga digunakan sebagai alat musik perkusi.

Cara memainkan alat musik Gong

Gong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang umumnya terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kain tebal. Tujuannya, selain menjaga fisik gong, getaran yang dihasilkan dari pukulan kayu tanpa kain berbeda dengan yang dilapisi kain.
Alat musik Gong, biasanya berbentuk bulat tabung dan salah satu sisinya berlubang. Permukaan bundar ini nantinya dipukul untuk test suara yang dihasilkan, apa bila suaranya belum sesuai, pembuatnya bisa mengerok lapisan sehingga menjadi lebih tipis.

Sejarah Gong

Pada era tahun 1930, ada bukit peninggalan asal usul sebuah alat musik gong yang ditemukan di daerah pinggiran sungai pada Desa Ma yang terletak di provinsi Thanh Hoa, Vietnam utara.
Bukti yang ditemukan tersebut berbentuk sebuah gendang yang terbuat dari perunggu dan tutupnya berasal dari logam, yang diperkirakan berusia 100-500 SM.
Perkembangan alat musik Gong
Penemuan alat musik gong dalam bentuk lain di Yunnan (Tiongkok) pada tahun 200 SM. Orang Tiongkok sudah menggunakan sebagian gendang dengan berbahan perunggu.
  1. Pada kurun waktu kurang lebih 500 Masehi, gendang perunggu mulai masuk di negara Indonesia sebagai salah satu alat untuk tukar menukar (barter) oleh negara lain. Hal ini dapat didorong (dukungan) dengan terdapat gendang perunggu di kepulauan Indonesia seperti di daerah Sumatra , Sumbawa, bali, Jawa , dan sebagiannya
  2. Pembuatan gendang yang menggunakan perunggu di negara Indonesia terjadi pada tahun 20 dan 19 masehi untuk dipakai untuk Perangkat upacara dab bisa juga digunakan untuk upacara.
  3. Pakar arkeologi yang bernama Petter Bellwood, mengatakan bahwa terdapat bukti pembuatan logam oleh bangsa Indonesia sebelum abad 200 M di daerah bali, dan sebelum 500 M pembuatan logam yang dibuat di daerah Jawa , Madura , Riau , Kepulauan Talaud dan Flores.
  4. Meskipun adanya teori yang mengatakan gong berasal dari gendang yang terbuat dari bahan perunggu, tidak menutup kemungkinan gong perunggu yang diadaptasikan dari gong yang berbentuk datar.

Komentar

  1. Costumer Service 24 Jam..

    Join ? Langsung Contact Kami
    WA : +855 1632 6427
    LINE : CSligautama

    BalasHapus
  2. Titanium Glass Games - The Best Tools For Improving Your Skills
    Fishing Simulator – Play a variety of Ironing Ironing ford focus titanium hatchback Ironing with Ironing Ironing with Ironing. babyliss pro nano titanium flat iron Ironing titanium pickaxe terraria Ironing titanium gravel bike with Ironing, titanium bmx frame

    BalasHapus

Posting Komentar