cara memainkan alat musik gendang

Cara Memainkan Alat Musik Gendang

Gendang dimainkan dengan cara dipukul, tetapi teknik memukulnya juga tidak sembarangan. Mungkin kalian merasa menemukan ritme yang cocok dan enak didengar telinga, tapi apakah itu sudah benar?
cara memainkan alat musik gendang
Gambar alat musik tradisional Gendang
Adapun beberapa tips untuk belajar cara memainkan alat musik gendang yang satu ini adalah dengan cara berikut:
  1. Hal Pertama yang harus kita lakukan dalam bermain alat musik gendang adalah dengan meletakkan tangan kanan di bagian gendang yang berukuran kecil, sedangkan tangan kiri diletakkan di bagian gendang yang berukuran lebih besar. Buat senyaman mungkin dan jangan terlalu tegang/ragu karena dapat mempengaruhi dalam permainan Anda sendiri.
  2. Untuk tangan yang bagian kanan cara memukulnya lebih menggunakan jari telunjuk dan jari manis di bagian badan gendang. Buatlah ketukan sesuai dengan lagu yang di mainkan. Untuk mengetahui sebuah ketukan di dalam lagu hal yang harus dilakukan adalah dengan menghayatinya terlebih dahulu dan mengingat ketukan tersebut, lalu menuangkannya dalam permainan yang anda mainkan sendiri
  3. Untuk tangan yang bagian kiri cara memukulnya-pun berbeda, Memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis diikuti menggunakan tangan bagian dalam sebagai perpaduan musik yang Anda mainkan.
Cara memainkan alat musik gendang yang di atas adalah penjelasan tata cara memainkan yang baik, yang mana biasa Anda pelajari di rumah atau dimanapun Anda bermain. Di daerah Jawa sendiri mempunyai alat musik gendang yang biasa di sebut juga dengan kendang yang mana sudah sering di pakai dan di mainkan pada jaman kerajaan.

Komentar